[Beware!] Impersonation on Facebook

Dear All,

Mohon untuk diketahui bahwa akun Facebook El-Nino Rezpector (https://www.facebook.com/fakeaccountfrompalembang) adalah akun palsu yang menggunakan identitas dan foto orang lain.

El-Nino eksis di Facebook sejak akhir 2010 dan mengaku bernama Panca Ardiansyah dan menggunakan foto-foto asli dari Panca Ardiansyah yang diambil dari Facebook dan Twitter Panca Ardiansyah.

El-Nino (Panca palsu) mengaku tinggal di Kalimantan dan kerja di PT. PLN. Dan berbahasa aktif Palembang.

Sampai dengan saat ini, El-Nino (Panca palsu) telah berhasil menipu orang lain dengan cara berpura-pura jadi Panca dan berpacaran dengan beberapa perempuan yang berdomisili di Palembang. Namun selama mereka berpacaran tersebut, tidak ada satu pun dari perempuan tadi yang pernah bertemu langsung dengan El-Nino (Panca palsu).

Beberapa hari lalu, salah satu korban penipuan El-Nino akhirnya berhasil menghubungi saya (Panca Ardiansyah yang asli) melalui Twitter, dan menceritakan tentang kejadian ini. Sampai akhirnya saya berhasil mengambil-alih akun palsu El-Nino ini, pada 30 Maret 2013.

Untuk diketahui, Panca Ardiansyah yang asli tinggal di pulau Jawa, bukan di Kalimantan. Dan saya tidak berbahasa Palembang secara aktif. Sedangkan status yang ada di wall Facebook El-Nino kebanyakan berbahasa Palembang.

Sejak kemarin saya membaca-baca semua status dan komentar yang dibuat El-Nino di akun ini yang mengatasnamakan Panca Ardiansyah, dan semua orang mempercayai hal tersebut sebagai kebenaran. Untuk itu, melalui post ini saya ingin mengklarifikasi bahwa semua yang pernah dipost oleh El-Nino adalah tidak benar dan tidak mewakili saya secara pribadi.

Saya, Panca Ardiansyah, secara pribadi merasa dirugikan atas tindakan pencemaran nama saya, dan meminta kepada semua yang pernah berhubungan dengan El-Nino melalui Facebook maupun SMS atau media lainnya untuk mengabaikan dan tidak mempercayai El-Nino.

Hasil investigasi saya atas akun Facebook ini, dan masukan serta laporan dari beberapa orang yang pernah berhubungan dengan akun ini, bahwa akun El-Nino ini ada hubungannya dengan akun Facebook seorang perempuan yang bernama *edited and deleted for the sake of presumption of innocence.*

Entah apakah **** mengenal El-Nino, atau memang **** yang mengoperasikan akun El-Nino. Saya belum tahu kebenarannya. Saya sudah mencoba menghubungi **** dan menanyakan tentang hal ini, namun ia menyangkal dan justru menganggap El-Nino adalah saya yang asli.

**** adalah saudara jauh saya (kami tidak ada hubungan darah, dan baru saling kenal melalui Facebook sekitar tahun 2009-2010). Dan saya baru pertama kali bertemu dengannya pada awal Maret 2013 ketika saya datang ke Palembang untuk menghadiri event Musi Fest 2013 yang diselenggarakan di Benteng Kuto Besak, Palembang.

Saat pertemuan tersebut, **** sama sekali tidak menceritakan tentang akun El-Nino ini kepada saya, padahal ia dan El-Nino sudah saling berkomunikasi sejak Januari 2011 melalui Facebook.

Kepada orang-orang yang ditipunya, El-Nino mengaku sepupu dari **** dan tinggal di Kalimantan bersama orang tua ****. Bahkan salah satu ‘pacar’ El-Nino menjalin pertemanan dengan **** sampai akhirnya menemukan beberapa kejanggalan yang memaksa dia untuk mencari tahu tentang kebenaran dan akhirnya menemukan saya yang asli via Twitter.

Sebagai gambaran mutual friendship di Facebook:
Panca Ardiansyah >< **** >< El-Nino Rezpector

Hanya teman yang masuk ke label kategori tertentu yang bisa mengakses foto-foto saya di Facebook, sehingga sangat tidak mungkin bagi El-Nino untuk mengambil foto-foto saya kecuali pemegang akun El-Nino adalah termasuk dalam friend list Facebook saya yang juga dilabeli kategori tertentu tersebut.

Maka, saya mohon untuk menyebarkan informasi ini, terutama di wilayah Palembang, bahwa El-Nino adalah akun palsu dan bukan Panca Ardiansyah, untuk menghindari berbagai jenis penipuan lainnya yang mengatasnamakan Panca Ardiansyah.

Saya juga mempersilakan kepada siapa pun yang punya dan mengetahui informasi tambahan tentang hal ini untuk memberitahukannya kepada saya.

Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang telah terjadi, dan terima kasih atas perhatiannya.

Sebagai informasi tambahan, saya tidak terlalu aktif di Facebook dan tidak berniat membuat pertemanan baru di Facebook. Saya hanya aktif di Twitter asli saya di @PancaSyah dan berkomunikasi online dengan teman dan keluarga saya melalui akun Twitter tersebut.

Salam,
Panca Ardiansyah
@PancaSyah
https://pancasyah.wordpress.com/

About pancasyah
There will be the time I've been the person you want to talk with, but end up being the person you want to talk about. | An introverted expressionist.

2 Responses to [Beware!] Impersonation on Facebook

  1. tinsyam says:

    ok jadi jelas dimari..
    tfs ya.. semoga setelah ini jadi beres semua urusan pertemanan yang “dirusak” pancapalsu..

  2. Pingback: Kejahatan di Media Sosial Gak Kenal Dimensi | Catatan Hati di Batas Cakrawala

Leave a Reply

