Online Selling?

Beberapa tahun terakhir, cakupan internet di Indonesia semakin meluas. Pengguna internetpun sangat beragam, dari anak sekolah sampai dengan artis terkenal. Dari tukang becak, sampai menteri.

Penggunaan internet sehat juga semakin hebat, salah satunya dimanfaatkan oleh pengusaha UKM yang mulai merintis usahanya secara online. “Online Seller”, begitu kita menyebut para pelaku usaha ini.

Tentunya akan selalu ada kekurangan dan kelebihan berbisnis online. Namun dengan ketekunan dan kegigihan, serta niat yang dan rasa pantang menyerah, rasanya kekurangan yang meliputi bisnis online ini bisa diatasi dengan mudah.

Apa saja, sih, yang menjadi penghambat kita ketika menjadi Online Seller? Coba diperhatikan beberapa poin penting berikut, beserta cara mengatasinya:

1. Barang yang kita jual tidak bisa dilihat dan diperiksa secara keseluruhan oleh calon pembeli.
Cara mengatasinya: informasikan spesifikasi barang secara lengkap, sertakan gambar utuh dalam berbagai sisi, informasikan kekurangan dan kelebihan barang, dan yang terpenting: jujur.

2. Calon pembeli tidak percaya.
Cara mengatasinya: bangun reputasi yang baik sejak awal berbisnis. Utamakan kepuasan pelanggan dengan hanya menjual barang berkualitas. Berikan garansi kepada pelanggan untuk barang yang rusak untuk periode waktu tertentu, atau barang tidak sesuai dengan apa yang diiklankan. Jangan ragu untuk mengembalikan uang mereka.

3. Kesulitan bertransaksi.
Cara mengatasinya: jika lokasi kita dan calon pembeli masih terjangkau, utamakan bertransaksi bertatap muka langsung. Dengan begitu, calon pembeli bisa langsung mengecek barang yang dibelinya langsung di depan kita, keluhan juga bisa langsung disampaikan. Apabila lokasi berjauhan, gunakan layanan kurir yang bereputasi paling baik demi kepuasan pelanggan.

4. Pelanggan hanya membeli satu atau dua kali.
Cara mengatasinya: after sales sangat penting dalam berbisnis. Bagaimana kita dapat menjaga dan mempertahankan pelanggan agar sering berbelanja di online store kita. Langkah yang diambil bisa seperti ini:
a. Tetap berhubungan baik dengan para pelanggan.  Perlakukan mereka tidak hanya sekadar pembeli, tapi juga sebagai teman dan rekan bisnis.
b. Perhatikan keluhan mereka, tanggapi segera apa yang mereka inginkan. Proaktif mengatasi keluhan mereka.
c. Tawarkan produk lain. Meskipun tidak selalu membutuhkan, biasanya mereka akan tetap membeli karena rasa puas atas pelayanan kita.
d. Berikan diskon untuk pelanggan yang setia. Dengan begitu mereka merasa dihargai.

5. Sulit menemukan calon pembeli baru.
Cara mengatasinya: lakukan promosi, adakan sayembara dan kuis, pastikan barang yang dijual selalu up to date (barang yang dijual tidak itu-itu saja).

Setidaknya 5 poin penting ini yang yang sering menjadi kendala kita dalam berbisnis online. Tentunya masih ada lagi beberapa poin penting termasuk di dalamnya packaging produk, platform tempat kita berjualan, keunggulan rekening bersama, dan lain-lain. Nantikan di tulisan berikutnya, ya!

Yuk, Online Seller, silahkan berbagi pengalamannya di sini selama menjalani bisnis online kamu…

 

Image source here

Advertisements

About pancasyah
There will be the time I've been the person you want to talk with, but end up being the person you want to talk about. | An introverted expressionist.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: