Tensi Darah

Beberapa hari lalu saya melihat teman saya, @alivalive, di timeline menanyakan tentang makanan apa saja yang bisa menaikkan tensi darah. Sepertinya dia punya keluhan darah rendah.

Kemudian saya balas tweet dia. Saya bilang: “Coba sate atau sop kambing. Dessertnya duren deh. :D”. Jawaban asal. Dan tanpa dasar. Hehehe…

Karena saya juga penasaran, akhirnya saya googling tentang tensi darah. Lalu mendapatkan informasi yang lebih valid. Saya sebarkan informasi itu di twitter saya. Jadi semacam serial-tweet.

Menurut saya informasi ini cukup bermanfaat, jadi saya ingin menuliskan kembali serial-tweet yang lumayan panjang itu di blog saya ini.

Langsung saya copas saja ya. Tanpa link ke twitter. Dan karena tiap tweet berisi kurang dari 140 karakter, saya akan menggabungkan semuanya menjadi bentuk paragraf.

Here it is…

“Oh, ternyata makan sop/sate kambing itu gak bikin tekanan darah naik. :D Cuma gak boleh dikonsumsi sama penderita hipertensi. :) @alivalive.  Hipotensi adalah suatu istilah medis yg digunakan pd org yg memiliki tekanan darah kurang dari 90/60 mmHg. Sedangkan sebaliknya, Hipertensi adalah suatu istilah medis yg digunakan utk org yg bertekanan darah di atas 140/90 mmHg. Angka 140 pd Hipertensi tadi disebut tekanan sistolik. Sedangkan angka 90-nya disebut tekanan diastolik. Tekanan sistolik adalah tekanan pd dinding pembuluh darah pd waktu jantung memompakan darah keseluruh tubuh. Sedangkan tekanan diastolik adalah tekanan pada dinding pembuluh darah dari seluruh tubuh kembali ke jantung.

Tensi darah normal utk org dewasa sekitar 120-140 utk tekanan sistolik, dan 70-90 utk tekanan diastolik.

Penyebab Hipotensi: pendarahan, luka sobek, kecelakaan yg menyebabkan luka bagian dlm, jg pelebaran pembuluh krn infeksi. Infeksi tenggorokan yg kemudian menjalar ke paru2 serta organ tubuh yg lainnya jg dpt menyebabkan Hipotensi. Apabila kita sedang sakit diare, maka volume darah berkurang. Hal ini jg dapat menyababkan Hipotensi.

Indikator seseorg mengalami hipotensi: adanya faktor turunan, penyakit jantung, anemia, pendarahan, infeksi, & diare. Hipotensi yg bawaan sejak lahir bkn merupakan penyakit. Jd gak perlu dinaikkan lg tensi darahnya. Beberapa penelitian menyebutkan, orang2 yg mengalami Hipotensi sejak kecil usianya lbh pjg dan lbh sehat. @alivalive?

Saran utk penderita Hipotensi gampang aja: minum air putih 8 gelas/hari, mkn yg byk kandungan garam, dan olahraga! Olahraga utk penderita Hipotensi hrs teratur, seminggu 3x masing2 30 menitan. Sesekali minum kopi/kafein juga. Kopi atau minuman berkafein akan membuat pembuluh darah yg melebar jadi menyempit shg degup jantung bertambah.

Sedangkan utk penderita Hipertensi, sgt tdk dianjurkan makan kambing, krn kambing mengandung kolesterol yg tinggi. Jika kadar kolesterol tinggi, dpt terjadi pendarahaan di otak (pemicu stroke), serangan jantung, dan gagal ginjal. Mengkomsumsi daging kambing bagi penderita Hipotensi meningkatkan kandungan haemoglobin (Hb) dalam darah.

Btw, tensi kalian berapa, tweeps? Saya gak ingat terakhir cek tekanannya berapa. Tapi saya penikmat daging kambing. Semoga tetap sehat. ^_^”

Hayooo, apakah kalian juga punya keluhan tensi darah? Hipotensi? Hipertensi? Semoga nggak, ya!

Olahraga harus lebih rajin lagi, dan tetap dijaga pola makannya. Ingat, you are what you eat! Hehehe… :D

Selamat hidup sehat! :)

About pancasyah
There will be the time I've been the person you want to talk with, but end up being the person you want to talk about. | An introverted expressionist.

4 Responses to Tensi Darah

  1. dilladolphin says:

    ArtikelNa bagus2..I LikeIt….
    Kl boleh sharing nui…&bertanya…!?!?!
    loch..hemoglobin kn mang di butuhkn bot ningkatin tekanan darah, truz knp di artikel di bilang tidak bisa,&tdk di jelaskn knp…
    Q br tau kl Luka Sobek itu pemicu terkena hipotensi, ap mungkin ya kecelakaan yg br Q alamin yg bot Q ga di bolehin donor darah kmrn, alesanNya krn tekanan darah Q rendah padhal Q ga ad mslh dgn anemia tuch…Minum air putih paling rajin..hehehehe…
    So ada yg tau ga ya knp…
    Makaci…

  2. dilladolphin says:

    ya engga sih….So…..!?!

Leave a Reply

