Mengudara

Baiklah, saya akan menceritakan pengalaman saya ikut siaran di sebuah radio Jakarta. Pro 2 FM, frekuensi 105.00 FM.

Berawal dari siaran #TWITALK live di radio tersebut pada Senin sebelumnya tanggal 19 July 2010, saya mengenal @lianamaku, salah satu penyiar di radio Pro 2 FM.

Saya ceritakan tentang siaran #TWITALK ini di postingan Hadiah dari #TWITALK. ;-)

Kembali ke hari Kamis malam, 22 Juli 2010…

Setelah beberapa pekerjaan selesai, saya berangkat ke Pro 2 FM. Karena kantor saya dan gedung RRI terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, jadi jarak keduanya hanya beberapa ratus meter saja. Kurang dari 10 menit perjalanan saya, sekitar jam 11 malam saya sampai.

Begitu sampai parkiran, basa-basi nanya ke satpam, kemudian saya ditunjukkan jalan menuju studio PRO 2 FM yang terletak di lantai 6 gedung RRI.

Sampai di lantai 6. Ternyata di lantai ini ada beberapa ruang studio untuk beberapa radio dengan frekuensi berbeda di bawah naungan RRI. Saya melihat studio bertuliskan PRO 2 FM 105.00 dengan announcer wanita yang sedang siaran. Saya bisa langsung menebak dia adalah Mbak Lia.

Sebelum masuk, tidak lupa saya check-in  foursquare dulu. *Teteuuup…

@ Studio PRO2 105.00 FM w/ @lianamaku. Wow, tema siaran malam ini tentang Cinta. Ihiy! (@ RRI) http://4sq.com/dtD0m8

Saya beranikan diri untuk masuk. Tidak lama kemudian sang penyiar memainkan lagu untuk pendengarnya dan menghampiri saya yang baru saja masuk.

Ini adalah pertama kalinya saya bertemu Mbak Lia secara langsung. Dan pertama kalinya pula saya masuk ke dalam studio siaran. Norak ya? Hehehe… :D

And… I was excited!

Studionya bagus! Luas, sejuk, dan nyaman!

Jiwa cuap-cuap saya seperti bergelora ingin segera terlampiaskan! Hahaha…

Akhirnya saya dipersilakan duduk di kursi tamu/narasumber, berhadapan dengan kursi announcer yang sekaligus operator.

Mbak Lia langsung saja mengajak saya untuk bergabung dengannya. Berbincang-bincang dengan pendengar setia PRO 2 FM. Dan, tema Kamis malam itu adalah tentang… CINTA!

Oh ya… Sebelumnya saya ingin informasikan dulu mengenai jadwal siaran Mbak Lia.

Selain penyiar radio, pekerjaan utama beliau adalah Children’s Media Instructor di bilangan Jakarta Selatan. Apa pun itu, saya yakin pekerjaan ini sangat mulia. Berhubungan dengan anak-anak dan media.

Sedangkan jadwal beliau siaran saat ini di PRO 2 FM hanya 3 hari dalam sepekan. Yaitu hari Minggu, Senin, dan Kamis.

Minggu beliau siaran dari jam 2 siang sampai jam 6 sore. Tema siaran hari itu seputar buku. Buku apa saja dibahas di hari itu. PRO 2 FM juga sering mengundang penulis untuk membahas bukunya.

Senin, siaran dilakukan mulai jam 9 malam hingga jam 1 pagi. Temanya apa saja, berbincang apa saja yang seru untuk dibahas. Yang sedang happening.

Sedangkan hari Kamis, tema siarannya adalah tentang Cinta. Jam tayangnya sama seperti hari Senin.

Sambil menunggu kembali mengudara, kami mengobrol sedikit sebagai awal perkenalan kami. Ia menanyakan tentang kesibukan dan pekerjaan saya.  Lalu secara spontan, ia menanyakan apakah saya punya band. Saya jawab ya, saya punya. Kemudian saya tunjukkan halaman website band saya di MySpace.

Karena salah satu lagu band saya tentang urusan percintaan, Mbak Lia menawarkan untuk memutarkannya nanti ketika siaran.

Hwaaa! I was surprised! Saya nge-band sejak 2006, dan sekalipun belum pernah lagu band saya nongol di radio. Kasihan banget yaaa… :( Maklum, nggak punya banyak relasi di radio. Lagian kayak personil saya pada peduli aja. *sigh

Begitu on air, Mbak Lia mengenalkan saya kepada listeners. Kita ngobrol tentang kehidupan percintaan saya… Seorang pria single bapuk ini. Kenapa bapuk? Soalnya sudah kelamaan menjomblo! Hahaha…

Ketika lagu band saya diputar, saya langsung kirim SMS ke Rizki (Gitaris) dan Vicky (Drummer).

“Dengerin PRO 2 FM 105.00FM. In This Letter lg diputer. Sekarang!!!”

Mereka balas dengan agak terkejut, sambil ngeledek saya yang lagi curhat di radio. :D

Sambil siaran dan tanya-jawab dengan Mbak Lia, saya sempatkan ngetweet lagi sedikit.

“Wadoooh! Tiba-tiba curhat seantero Jakarta gini di radio. Mantan-mantanku sudah pada tidur kan? :D”

Dan ternyata ada 2 mantan yang me-retweet. Dang!

Sedikit malu, tapi siaran tetap berlanjut seru sampai dengan jam 1 malam.

SERU!

Dan siaran itu ternyata addicting, ya? Saya berharap semoga di lain kesempatan bisa siaran lagi. Amiiin… Mbak Lia, undang aku lagi dooong… :D

Oh ya, tujuan awal saya ke studio PRO 2 FM kan untuk mengambil bingkisan dari PRO 2 FM bekerja sama dengan #TWITALK. Ini dia bingkisannya:

Hwaaa… Saya senang sekali. Dapat hadiah 3 buah buku dan 1 buah CD lagu.

Terima kasih banyak, Mbak Lia… :)

About pancasyah
There will be the time I've been the person you want to talk with, but end up being the person you want to talk about. | An introverted expressionist.

3 Responses to Mengudara

  1. tony says:

    wah, asik tuh ca. kok ga diceritain sih bincang² pada saat siarannya?

  2. diana says:

    kapan ya aku ke RRI?oh,tahun 2000!jemput pacar yg lagi magang.hihi.ke studio radio?hm,ke ms tri,kalo ga salah inget.

Leave a Reply

